Senin, 29 April 2019

Analisis Buku Bahasa Arab Fitrah MA & yang Sederajat Kelas X (Semester Genap/1B)


Pengertian Asas-Asas Menyusun Bahan Ajar
            Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dinyatakan bahwa asas adalah dasar atau hukum dasar. Secara umum, asas adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.[1]
Sedangkan menurut Ahli, asas adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.[2]
Dari definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa untuk menyusun bahan ajar diperlukan dasar atau landasan berpikir, agar bahan ajar yang dihasilkan dapat menjadi bahan rujukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang menggunakannya.
Jadi dalam penyusunan bahan ajar, harus memperhatikan asas-asas sebagai dasar atau pijakan. Pijakan ini digunakan sebagai standar dalam menyusun dan mengembangkan bahan ajar. Jadi bahan ajar ada, untuk dikaji, didalami, dan dijadikan dasar dalam memproduksi bahan ajar yang baik dan sesuai standar.
Asas-asas yang harus diperhatikan dalam membuat buku ajar bahasa Arab sebagaimana disebutkan al-Ghali (1991:19), yaitu asas sosial budaya, psikologis, kebahasaan dan pendidikan.[3]


  1. Asas Sosial-Budaya (Asas Tsaqafi)
Asas sosial-budaya menjadi salah satu asas dalam menyusun bahan ajar bahasa Arab meliputi pengertian kebudayaan, karekteristik serta korelasi kebudayaan dengan penyusunan bahan ajar. Sosial-budaya penting sebagai asas penyusunan bahan ajar bahasa Arab karena seseorang yang mempelajari bahasa asing tidak akan dapat memahaminya dengan baik tanpa memahami kebudayaan masyarakat dari asal bahasa tersebut. Maka untuk memahami bahasa Arab, seseorang harus mengetahui kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat arab.[2]
Dalam satu penelitian yang dilakukan Fathi Yunus tahun 1979 sebagaimana dikutip oleh Abdullah Al-Gali dan Abdul Hamid  Abdullah di mana di antara tujuan penelitiannya adalah mengetahui  sikap orang dan tempat-tempat yang ingin dikunjungi para pelajar ketika mengunjungi negara-negara Arab, di mana dalam penelitian  tersebut terungkap bahwa yang dibutuhkan para pelajar adalah:
1) Data diri
2) Tempat tinggal atau penginapan
3) Pekerjaan
4) Waktu luang
5) Perjalanan jauh
6) Pasar
7) Rumah makan, keadaan sehat atau sakit, dan bantuan.[4]
Sedangkan tema-tema kebudayaan yang sering diminati para pelajar  non-Arab untuk diketahui dan dipelajari, seperti terungkap dari  hasil penelitian Thu‟aimah di tigabelas Negara Arab, yang mencapai ada sekitar 20 (dua puluh) tema pilihan, dan ini 10 diantara tema-tema yang diminati. yaitu:[5]
No
Bahasa Indonesia
Bahasa Arab
1
Identitas diri
البيانات الشخصية
2
Tempat tinggal
السكن
3
Pekerjaan
العمل
4
Waktu luang
وقت الفرغ
5
Travelling
السفر
6
Hubungan dengan sesame
العلاقات مع الأخرين
7
Kesehatan dan penyakit
الصحة والمراض
8
Pendidikan dan pengajaran
التربية والتعليم
9
Di pasar
فى السوق
10
Di ruang makan
فى المطعم

  1. Asas psikologis (Asas Nafsi)
Siswa merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar. Hal itu dikarenakan siswa adalah sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan objek belajar mengajar.
Hampir semua ahli pendidikan sepakat bahwa motivasi siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar, semakin tinggi motivasi mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya.[6]
Oleh karena itu, maka pengembangan buku ajar bahasa Arab harus memperhatikan aspek-aspek psikologi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku ajar bahasa Arab adalah sebagai berikut:
Buku ajar hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa. Memperhatikan perbedaan individu antar siswa, mampu merangsang daya pikir siswa sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab. Materi buku ajar harus disesuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa,  memperhatikan tingkat usia siswa, setiap buku ajar bahasa Arab diperuntukkan bagi usia berapa, karena setiap usia tertentu memerlukan perlakuan yang berbeda. Materi buku ajar mampu memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Arab secara Alami. Adanya integrasi antara buku siswa, buku  pegangan guru, dan lain-lainnya. Buku ajar bahasa Arab mampu menciptakan orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa.[7]
  1. Asas Kebahasaan  (Asas Kebahasaan)
Yang dimaksud dengan Asas kebahasaan dalam penyusunan buku ajar bahasa Arab adalah bahasa yang akan diajarkan kepada siswa harus meliputi unsur-unsur bahasa (ashwat, mufrodat, tarokib) dan ketrampilan bahasa (istima’, kalam. Qiro’ah, kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan tujuan tujuan yang telah ditetapkan.[8]
Jadi, dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab, keempat keterampilan harus ada dan seimbang porsinya.
  1. Asas Pendidikan (Asas Tarbawy)
Asas pendidikan adalah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam penyusunan bahan ajar, seperti materi dimulai dari yang lebih mudah kepada yang lebih sulit, dari yang konkret ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang konsep.
Bahan ajar bahasa Arab disusun tidak secara acak dan sembarangan, melainkan harus runtut dan sistematis agar materi yang diajarkan dapat diserap oleh siswa. seperti materi gramatika مبتدأ harus diajarkan terlebih dahulu daripada خبر.



Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan Agama sebagai mata pelajaran wajib: terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang:
البياانت الشخصية؛ المرافق العامة فى  المدرسة؛ ااحياة في الأسرة وفى سكن الطالب، و هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
Untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu: kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis
Standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X
Kompetensi Inti (KI) kurikulum adalah pengikat berbagai kompetensi dasar yang harus dihasilkan dengan mempelajari tiap mata pelajaran serta berfungsi sebagai integrator horisontal antar mata pelajaran. Sedangkan Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar merupakan konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.[9]
 MATERI BAHASA ARAB: KELAS X SEMESTER GENAP
SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1.Menyadari bahwa kemampuan berbicara adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah swt.
1.2.Mensyukuri nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar.
1.3.Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain.
1.4. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3.Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.4.Menunjukan perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab feomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1.Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2.Memahami lafal kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
3.3.Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase,
dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
baik secara lisan maupun tertulis.
3.4.Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
yang sesuai dengan konteks penggunaannya

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

4.1.Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3.Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.4.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
هوايات الطالب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام
sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya.
Tarkib:
المصدر؛ معني حروف الجر؛ ليس عندي/معي؛ مبتدأ (ضمائرالجمع)
خبر (المضارع)؛ العطف



ANALISIS KARAKTERISTIK BUKU LEMBAR KERJA SISWA BAHASA ARAB KELAS X
Judul buku
Bahasa Arab Untuk untuk MA dan yang Sederajat Kelas X Semester 2 (1b)
Kurikulum
2013
Penulis            
Havid Fathurohman Bil Makruf
ISBN
978-602-771-082-5 (No. Jilid Lengkap) // 978-602-772-082-5
Editor 
Muhammad Latif, S.Pd.I
Penata Letak
Putri Meirina
Grafis 
Wisnu Suryanto
Ilustrator
Susanto

Penata sampul
Tim Desain
Penerbit
Putra Negara
Kantor
Jl. Merapi Raya No. 17 RT.06/RW.09 Mojosongo Surakarta, 57127 telp. (0271) 851577, 8501552 – Fax. (0271)85522.
Email
Website
-

Buku bahasa Arab Fitrah ini terdiri dari 64 halaman, dimana dalam buku ini halaman 1 s/d 4 terdiri dari kover dalam, daftar nama team penulis dan kontak person,  kata pengantar, dan daftar isi,. Sedangkan halaman 5 s/d 62 adalah isi buku yang terdiri dari 2 (dua) bab, yaitu bab 4 (empat) dan 5 (lima) yang diajarkan pada semester genap (1b), kemudian pada halaman 63 terdapat daftar pustaka buku tsb, dan halaman 64 (sebagai halaman terakkhir) terdapat biodata Tim menulis. Di mana pada tiap babnya tersusun dari empat maharoh: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah serta soal latihan harian pada tiap maharoh. Buku ini disusun oleh Tim Musyawarah guru-guru Bina PAI Madrasah Aliyah (MA) dari berbagai daerah.
Isi materi buku ajar bahasa Arab Fitrah ini terdiri dari 2 (Dua) bab pembahasan/tema  الهواية والمهنة" " yang disajikan dalam 1 (Satu) semester, yaitu semester genap. Pada setiap babnya terdiri dari empat sub maharah (keterampilan), yaitu: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah. Selanjutnya pada setiap bab juga memaparkan materi berupa bacaan, percakapan, kosakata dan latihan soal yang berdasarkan pada maharoh: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah secara berurutan.
“Dalam penelitian ini penulis memfokuskan analisis pada bagian isi buku yang ditinjau berdasarkan asas-asas penyusunan bahan ajar yang terdiri dari tiga asas: sosial budaya, psikologi dan kebahasaan dan pendidikan. Uraian tentang isi dalam setiap bab di buku ini,” yaitu:
1)      Bab satu, pada buku ini berjudul " الهواية والمعرض " .Berdasarkan Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah, tema ini telah sesuai dengan Kompetensi Dasar yang dijelaskan. Cakupan materi ini dijelaskaan secara berurutan dengan maharoh: istima’ (Menyimak), kalam (Percakapan), qiro’ah (Membaca) dan kitabah (Menulis) serta latihan soal harian dan Latihan Ulangan Tengah Semester.
       
2)       Bab dua, berjudul "المهنة" .Sama seperti bab satu, pada bab kedua ini materi yang dijelaskan ialah tema المهنة yang mna tema ini meliputi 2 (dua) aspek tema materi, yaitu: tema materi المهنة والحياة  dan selanjutnya menjelaskan tema materiالمهنة وا لنظام  yang mana menurut Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor: 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama  Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah, tema materi tersebut sesuai dengan Kompetensi Dasar yang dijelaskan. Kemudian, Cakupan materi pada bab kedua ini juga dijelaskan secara berurutan dengan maharoh: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah serta latihan soal harian.



3)       Tarkib/ القاعدة ,pada buku LKD ini juga telah sesuai dengan Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Secara berurutan pada bab satu menjelaskan tentang materi:
 معنى حروف الجر، ضمائر متصل و منفصل  
 






kemudian pada bab dua menjelaskan tentang:
 حووف العطف،  الفعل المضارع dan، الفعل الماضي






Kemudian setelah menelaah secara keseluruhan materi dalam modul LKS ini, terdapat hal yang perlu dicermati lebih lanjut. Secara umum keempat aspek dalam diskursus asas-asas penyusunan bahan ajar yang meliputi asas: sosial budaya, psikologi, kebahasaan dan pendidikan.
1. Asas Sosisal Budaya (Asas Tsaqofy)
Jika disandarkan dengan hasil penelitian yang dilakukan Fathi Yunus tahun 1979 sebagaimana dikutip oleh Abdullah Al-Gali dan Abdul Hamid  Abdullah, kemudian Rusydi Ahmad Thu’aimah dalam mengembangkan materi bahasa Arab bagi non Arab, maka materi  هواية الطالب و المعرض sesuai dengan salah satu pokok bahasan, yaitu tentang Identitas Diri dan Tempat-tempat atau pemukiman. Dimana الطالب  هواية sebagai identitas diri dan المعرض sebagai tempat-tempat. Materi kedua yaitu والحياة  المهنة sesuai dengan pokok bahasan Pekerjaan العمل dan الحياة  bisa mencakup semua pokok bahasan yang ada, dan juga المهنة والنظام sesuai dengan pokok bahasan
2. Asas Psikologi (Nafsy)
Menurut Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah, “maka asas psikologi dalam buku ini cukup sesuai dengan materi dan pembahasan yang baik untuk siswa Madrasah Aliyah kelas X, karena telah mencakup materi yang telah ditetapkan dan tidak melebihi dari yang disebutkan, yaitu: الهواية والمعرض dan المهنة dan المهنة والنظام”.
3. Asas Pendidikan (Asas Tarbawy)
Peneliti melihat bahwa materi pendidikan dalam buku ini konsisten dengan filosofi pendidikan. Jika kita mempertimbangkan definisi filosofi pendidikan adalah apa yang berkaitan dengan mempelajari cara mengembangkan dan meningkatkan pendidikan dan peningkatan berkelanjutan dari generasi ke generasi dan mencoba untuk menemukan solusi yang efektif untuk masalah yang dihadapi dalam proses ini. Periode mengajar dalam buku ini mengajarkan siswa cara membentuk kepribadian mereka sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika mereka berada di rumah atau sekolah dan memahami hukum yang mengatur dunia ini sehingga mereka pantas mendapatkan perilaku yang baik dengan manusia di sekitarnya, atau makhluk lainnya.

4. Asas Kebahasaan (Asas Lughawy)
Asas kebahasaan dalam penyusunan buku ajar bahasa Arab Modul LKS “Fitrah” ini telah sesuai dengan ketetapan asas kebahasaan yang melipuit unsur-unsur bahasa (ashwat, mufrodat, tarokib) dan keterampilan bahasa (istima’, kalam. Qiro’ah, kitabah) yang ada pada tiap-tiap bab. Kemudian asas pendidikan tentang teori pendidikan dalam buku ini telah sesuai dimana materi yang dijelaskan dimulai dengan materi yang mudah ke materi yang lebih kompleks. Dalam buku ini menjelaskan satuan kata , معاني حروف الجر أو حروف الخفض وفوائدها,dan العطف (kata sambung) sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang satuan kalimat dengan susunan
  .مبتدأ ) بعض ضمائر ( + خبر) الفعل المضارع(
Kelebihan dan Kelemahan Dari Buku  LKS Bahasa Arab Fitrah.
Setiap buku teks pelajaran yang dijadikan pedoman untuk pelaksanaan pembelajaran dituntut harus memberikan informasi, dan menambah pengetahuan yang luas bagi siswa. Namun setiap buku memiliki kelebihan maupun kelemahan. Dalam buku LKS pelajaran bahasa Arab Modul Fitrah Madrasah Aliyah Kelas X ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut:

  • Kelebihan
Buku LKS (Lembar Kerja Siswa) pelajaran yang baik dapat dikatakan baik dan berkualitas, jika memenuhi kriteria buku yang baik juga. Dalam buku lks yang dianalisis dalam penelitian ini, bahwa segala aspek yang termuat dalam kriteria buku yang baik sudah terpenuhi meskipun belum dapat dikatakan secara sempurna. Ditinjau dari aspek relevansi (kesesuaian) asas penyusunan bahan ajar, buku bahasa Arab Fitrah untuk kelas X ini sudah cukup sesuai dengan standar isi yang tercantum dalam Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah yang berlaku yaitu dengan mempertimbangkan empat aspek keterampilan berbahasa. Tema-tema yang dipilih juga sesuai dengan perkembangan siswa dan lingkungan siswa khususnya kelas X Madrasah Aliyah. Buku bahasa Arab fitran ini sudah berlandaskan keempat asas-asas dalam pembuatan bahan ajar,  dan ditinjau dari aspek kebahasan juga menggunakan bahasa-bahasa (kosa kata) yang mudah dan sesuai dengan materi-materi yang diajarkan.
  • Kelemahan
Selain kelebihan yang dimiliki pada buku LKS pelajaran bahasa Arab Fitrah tersebut, maka buku ini juga memiliki beberapa kelemahan dalam penyajiannya. Adapun kelemahan yang tampak dalam buku teks LKS tidak terlalu significant. Dalam buku ini yang diitinjau dari aspek fisik, buku bahasa Arab Fitrah ini menggunakan : 1. Kertas Buram+tipis, 2. tampilan kurang menarik dan kurangnya gambar-gambar yang membantu/mempermudah para siswa/i dalam memhami teks-teks materi dan kosa kata – kosa kata yang berkaitan dengan judul materi tersebut. 3. Pada pemaparan pembelajaran dan qowaidnya mengunakan metode pembelajaran deduktif.
Rekomendasi:
Adapun rekomendasi yang ditawarkan oleh penganalisa untu buku Bahasa Fitrah ini adalah sbb:
  1. Menyajikan beberapa gambar yang berkaitan dengan judul materi dan beberapa kosa-kata didalam buku LKS tersebut.
  2. Pada pemaparan materi-materi pembelajaran bahasa dan qoaid, alangkah baiknya menggunakan metode pembelajaran induktif.
Kesimpulan
Dilihat dari asas penyusunan bahan ajar yang menjadi perspektifnya, secara umum buku ini telah memenuhi keempat  asas, yakni: sosial budaya, psikologi dan kebahasan dan pendidikan.
Dalam setiap bab, buku ini menyajikan materi dengan cakupan empat keterampilan (maharoh) yaitu: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah serta dilengkapi dengan latihan soal-soal harian secara berurutan. Dalam buku ini kurang menaarik, dikarenakan dalam penyajian  materi-materinya tidak disertai dengan gambar-gambar yang berkaitan, guna mempermudah para siswa/inya didalam mengilustrasiakan dan memahami tema-tema materi tersebut.
Selanjutnya, pada penulisan buku ajar seperti lembar kerja siswa selain memperhatikan asas penyusunan bahan ajar diharapkan juga memperhatikan kesesuaian isi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar atau Kurikulum yang telah ditetapkan. Lembaga pendidikan hendaknya lebih teliti lagi dan lagi dalam memilih buku ajar yang akan digunakan. Buku ajar haruslah sesuai dengan SK dan KD, dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, serta nilai dan sikap yang harus dipelajari peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.
Daftar Pustaka:
Sugono, Dedy. KBBI, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)
Al-Gali, Abdullah. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab, (Padang: Akademia Permata, 2012)
Ahmad Tha’imah, Rusydi. Dalîl fi I’dâd al-Mawâd al-Ta’lîmiyah li Barâmij Ta’lîm al-‘Arabiyah. Makkah alMukarramah: Dar al-Marîkh, 1985
Hamid, Abdul. Pembelajaran Bahasa  Arab, (UIN Malang Press: 2018)
Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah, hlm. 215-218
http://suparmantomaman.blogspot.co.id/2013/06/pengembangan-bahan-ajar.html
http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html


[1] Dedy Sugono. KBBI, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)
[2] http://suparmantomaman.blogspot.co.id/2013/06/pengembangan-bahan-ajar.html
[3] Abdullah Al-Gali, Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab, (Padang: Akademia Permata, 2012), hlm. 3
[4] Abdullah Al-Gali, Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab, (Padang: Akademia Permata, 2012), hlm. 6
[5] Rusydi Ahmad Tha’imah. Dalîl fi I’dâd al-Mawâd al-Ta’lîmiyah li Barâmij Ta’lîm al-‘Arabiyah. Makkah alMukarramah: Dar al-Marîkh, 1985. hal 214.
[6] Abdul Hamid, Pembelajaran Bahasa Arab, (UIN Malang Press: 2018), hlm. 100
[7] Abdul Hamid, Pembelajaran Bahasa, Hlm. 101
[8] http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html

[9] Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah, hlm. 215-218

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemaknaan Kebengkokan Wanita sebagaimana Tulang Rusuk

Terkadang kita selalu mendengar, ada istilah bahwa “wanita itu bengkok” seperti tulang rusuk. Tentu mungkin ada yang bertanya-tanya maksud...